Pena Terkini
Senin, Agustus 4, 2025
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Daerah
  • TNI-Polri
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Advetorial
Pena Terkini
No Result
View All Result
Pena Terkini
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Daerah
  • TNI-Polri
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Advetorial
Home Nasional

Kualitas Layanan Terus Meningkat, Komisi XII DPR RI Apresiasi Aplikasi PLN Mobile

PenaTerkini.co.id Penulis: PenaTerkini.co.id
6 Desember 2024 | 05:07 WIB
Rubrik: Nasional
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan kinerja apik PLN Mobile merupakan hasil dari upaya intensif PLN dalam memperbaiki sistem pelayanan dan digitalisasi yang menyasar berbagai aspek operasional perusahaan. Hal ini tidak lepas dari visi PLN untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat. (foto: Divkom PLN Pusat/ PenaTerkini.com)

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan kinerja apik PLN Mobile merupakan hasil dari upaya intensif PLN dalam memperbaiki sistem pelayanan dan digitalisasi yang menyasar berbagai aspek operasional perusahaan. Hal ini tidak lepas dari visi PLN untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat. (foto: Divkom PLN Pusat/ PenaTerkini.com)

PenaTerkini, Jakarta – Transformasi bisnis dengan digitalisasi layanan melalui aplikasi PLN Mobile yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) mendapatkan apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi XII dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Jakarta, Senin (02/12/2024) kemarin.

Anggota DPR RI Komisi XII dari Fraksi Partai Gerindra, Moreno Soeprapto, menyatakan dukungan penuhnya kepada PLN untuk terus meningkatkan layanan PLN Mobile sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat.

“Ini Apps PLN Mobile yang super, terus ditingkatkan dan juga dijaga konsistensinya Pak. Karena perawatan itu penting. Tadi sempat ditanyakan biaya dan sebagainya, tapi ini sudah bagus dan terus harus ditingkatkan,” ungkap Moreno.

Senada dengan itu, Anggota DPR RI Komisi XII dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalal Abdul Nasir, juga memuji transformasi PLN yang telah menghasilkan kinerja luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, terutama melalui digitalisasi layanan.

“Dengan hampir 55 juta pengguna, (PLN Mobile) itu sudah luar biasa, yang mungkin terbaik dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang ada. Itu kita apresiasi dan mohon diteruskan sehingga menjadi salah satu kekuatan untuk memandu bagaimana fokus dengan customer itu bisa dikuatkan,” ujar Nasir.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan kinerja apik PLN Mobile merupakan hasil dari upaya intensif PLN dalam memperbaiki sistem pelayanan dan digitalisasi yang menyasar berbagai aspek operasional perusahaan. Hal ini tidak lepas dari visi PLN untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

“Lima tahun lalu, banyak pelanggan mengeluhkan pelayanan kami yang lambat dan tidak responsif. Aplikasi PLN Mobile dipenuhi dengan komplain karena petugas kami sering terlambat merespons masalah listrik. Namun, setelah melakukan perbaikan mendalam, kami berhasil mengubah sistem manual menjadi sistem digital yang lebih cepat dan efisien,” jelas Darmawan.

Ia menambahkan bahwa melalui PLN Mobile, pelanggan kini dapat melaporkan gangguan listrik secara langsung, yang kemudian diteruskan secara cepat kepada petugas di lapangan melalui sistem terintegrasi.

“Setiap laporan yang masuk akan diproses secara otomatis, dan respons terhadap keluhan pelanggan dapat dipantau dengan jelas. Dalam beberapa tahun terakhir, durasi penanganan gangguan listrik menurun signifikan,” tambahnya.

Berkat PLN Mobile pelayanan yang tadinya lambat berbelit menjadi cepat dan mudah. Super Apps ini terhubung langsung dengan Virtual Command Center dan Pelayanan Teknik (Yantek Mobile) sehinggga petugas PLN dapat merespon secara cepat ketika terjadi gangguan.

Terbukti lewat dukungan PLN Mobile, perusahaan berhasil menurunkan rata-rata frekuensi gangguan per pelanggan. Dari yang sebelumnya 5,62 kali gangguan per pelanggan pada 2022, menjadi hanya 2,7 kali per pelanggan dari Januari hingga Oktober 2024.

Tidak hanya secara frekuensi, PLN juga berhasil menurunkan  durasi gangguan rata-rata tiap pelanggan sebesar 195 menit dengan periode yang sama.

Keberhasilan PLN Mobile tidak hanya terlihat dari rating aplikasi, tetapi juga dari jumlah unduhan yang meningkat tajam. Tercatat, semula di tahun 2020 PLN Mobile hanya diunduh sebanyak 500 ribu kali, kini PLN Mobile telah diunduh hampir 55 juta kali.

Aplikasi ini juga telah meraih penghargaan sebagai aplikasi digital terbaik di Asia Tenggara dalam kategori pelayanan publik dan sistem kelistrikan.

“PLN Mobile kini menjadi bagian integral dari pelayanan kami, memungkinkan kami untuk merespons lebih cepat, mengelola sumber daya manusia secara lebih efisien, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami,” tutup Darmawan.(red)

 

 

 

 

 

 

 

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi 2.0 dengan visi menjadi Top 500 Global Company dan menjadi pilihan nomor 1 bagi pelanggan untuk Solusi Energi melalui upaya pertumbuhan usaha, implementasi digitalisasi secara end to end, menjalankan transisi energi untuk mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE), serta menghadirkan proses bisnis dengan SDM berkelas dunia.

Tags: DPR RIKomisi XIIPLN Mobile.PT PLN (Persero)
ShareTweetSendSharePinShareSend

Berita Terkait

Direktur Distribusi PLN, Arsyadany Ghana Akmalaputri, menegaskan komitmen PLN untuk menghadirkan listrik hingga ke seluruh penjuru negeri sebagai wujud nyata keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini disampaikannya saat acara Energi dan Mineral Festival di Jakarta, Kamis (31/07/2025). (Divkom PLN Pusat)
Nasional

PLN Siap Wujudkan Akses Listrik Berkeadilan hingga Pelosok Negeri

Penulis: PenaTerkini.co.id
3 Agustus 2025 | 18:32 WIB

PenaTerkini.co.id, Jakarta - PT PLN (Persero) kembali menegaskan komitmennya untuk menjalankan arahan pemerintah dalam mempercepat penyediaan akses listrik bagi seluruh...

Read moreDetails
Nasional

Garap Limbah dan OceanVolt, Mahasiswa ITPLN Kembali Ukir Prestasi

Penulis: PenaTerkini.co.id
2 Agustus 2025 | 20:52 WIB

PenaTerkini.co.id, Jakarta - Mahasiswa Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (ITPLN) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Dua gagasan futuristik mereka...

Read moreDetails
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (tengah) bersama jajaran direksi saat memantau sistem kelistrikan nasional secara digital. PLN terus mempercepat transformasi digital di seluruh lini bisnis guna meningkatkan efisiensi operasional, keandalan pasokan, dan kualitas layanan pelanggan. Melalui transformasi digital, PLN berhasil mencetak pendapatan tertinggi dalam sejarah korporasi sekaligus menembus daftar Fortune Global 500 tahun 2025. (Dok Divkom PLN Pusat)
Nasional

PLN Melesat ke Fortune Global 500, Digitalisasi dan Beyond kWh jadi Kunci

Penulis: PenaTerkini.co.id
2 Agustus 2025 | 12:55 WIB

PenaTerkini.co.id, Jakarta - PT PLN (Persero) berhasil mencetak sejarah dengan masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2025 sebagai salah...

Read moreDetails
Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera II Medan. (Dok. PenaTerkini.co.id)
Nasional

Diduga Program Swakelola P3TGAI Sumatera Utara di Jadikan Ladang Bisnis, Isu Pemangkasan Anggaran 50% Kian Merebak

Penulis: PenaTerkini.co.id
1 Agustus 2025 | 21:00 WIB

PenaTerkini.co.id, Medan |  Isu tak sedap santer terdengar pada pengerjaan swakelola pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI)...

Read moreDetails
Institut Teknologi PLN (ITPLN) melakukan penerapan skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai strategi memperluas akses pendidikan tinggi. (Divkom PLN Pusat)
Nasional

Terapkan RPL, ITPLN Perluas Akses Pendidikan Tinggi bagi Masyarakat

Penulis: PenaTerkini.co.id
31 Juli 2025 | 18:45 WIB

PenaTerkini.co.id, Jakarta - Institut Teknologi PLN (ITPLN) mendorong penerapan skema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai strategi memperluas akses pendidikan tinggi....

Read moreDetails
Gubernur Bali, I Wayan Koster saat memimpin pembahasan terkait langkah-langkah strategis percepatan pembangunan sistem energi bersih di Pulau Dewata bersama jajaran Pemerintah Provinsi Bali dan PLN di Denpasar, Rabu (30/07/2025). Ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Provinsi Bali untuk mewujudkan Bali Mandiri Energi Berkelanjutan. (Dok. Divkom PLN Pusat)
Nasional

Gubernur Wayan Koster Bertekad Wujudkan Bali Mandiri Energi Berkelanjutan

Penulis: PenaTerkini.co.id
31 Juli 2025 | 12:59 WIB

PenaTerkini.co.id, Denpasar -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali terus memperkuat komitmennya dalam mewujudkan Bali Mandiri Energi Berkelanjutan. Bersama PT PLN (Persero),...

Read moreDetails

Berita Terbaru

Nasional

PLN Siap Wujudkan Akses Listrik Berkeadilan hingga Pelosok Negeri

3 Agustus 2025 | 18:32 WIB
Daerah

Tempat SPA Diduga Berkedok Prostitusi di Komplek Mega Park, Kelurahan Dwikora: Tidak Ditemukan Kebenarannya

2 Agustus 2025 | 22:39 WIB
Nasional

Garap Limbah dan OceanVolt, Mahasiswa ITPLN Kembali Ukir Prestasi

2 Agustus 2025 | 20:52 WIB
Nasional

PLN Melesat ke Fortune Global 500, Digitalisasi dan Beyond kWh jadi Kunci

2 Agustus 2025 | 12:55 WIB
Nasional

Diduga Program Swakelola P3TGAI Sumatera Utara di Jadikan Ladang Bisnis, Isu Pemangkasan Anggaran 50% Kian Merebak

1 Agustus 2025 | 21:00 WIB
Nasional

Terapkan RPL, ITPLN Perluas Akses Pendidikan Tinggi bagi Masyarakat

31 Juli 2025 | 18:45 WIB
Nasional

Gubernur Wayan Koster Bertekad Wujudkan Bali Mandiri Energi Berkelanjutan

31 Juli 2025 | 12:59 WIB
Nasional

Peningkatan Pendapatan Dorong PLN Masuk Fortune Global 500

31 Juli 2025 | 11:37 WIB
Nasional

Tembus Fortune Global 500, PLN Terus Perkuat Daya Saing di Kancah Dunia

30 Juli 2025 | 16:06 WIB
Hukum

FAM-SU Geruduk Kejatisu Dugaan Korupsi P2AP2KB Padang Lawas Utara

29 Juli 2025 | 21:55 WIB
Nasional

Kunjungi Pabrik Midea di China, ITPLN Pastikan Lulusan Terserap ke Industri Pendingin

28 Juli 2025 | 23:17 WIB
Daerah

Terkait Bangunan Restoran di Jalan T Amir Hamzah Medan Helvettia, Dinas PKPCKTR Kota Medan : Bangunan Itu Sudah di SP2

28 Juli 2025 | 21:48 WIB
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman
  • Privacy Policy

© 2023-2024 Penaterkini.co.id

rotasi barak berita hari ini danau toba

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Daerah
  • TNI-Polri
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Advetorial

© 2023-2024 Penaterkini.co.id

rotasi barak berita hari ini danau toba